Langsung ke konten utama

REVIEW Summer Strike

 
"Di dunia ini, kamu harus berdampingan dengan orang yang kamu suka dan kamu benci. Begitulah adanya, tidak ada yang bisa kamu lakukan soal itu." -Summer Strike-
 
 
 
 Meski kesannya drama ini sederhana banget, tapi ada banyak selipan pesan yang bisa ambil setelah menontonnya. Pertama, RESIGN. Selama ini, Lee Yeo Reum yang diperankan oleh Seol Hyun hidupnya lurus banget. Seperti warga Korea pada umumnya, hidupnya dari kecil hanya dihabiskan untuk belajar dan ketika dewasa juga mati-matian bekerja yang sebenarnya hanya membuatnya cepat lelah menghadapi dunia ini. Belum lagi di dunia kerja berada di lingkungan yang toxic. Masalah belum selesai, ketika ibunya sudah meninggal, sang kakak pun tanpa sadar masih menggerogotinya secara finansial. Pacaran bertahun-tahun pun tidak menghasilkan hal yang positif hingga sang pacar memutuskannya secara sepihak. Boom, lengkap sudah penderitaan yang dialami Lee Yeo Reum ini. Hingga akhirnya dia resign dan meninggalkan semuanya.
 
 
 
Kedua, HIDUP MINIMALIS. Pasca resign, hidup Lee Yeo Reum hanya dihabiskan dengan goleran saja selama beberapa hari. Setelah itu dia memutuskan untuk menjual semua barang-barang milknya termasuk apartemen yang ia tinggali.
 



 
Hanya menyisakan beberapa potongan baju yang ia masukkan ke ransel besar.
 
 
Ketiga, JOURNALING. Pasca resign, Lee Yeo Reum memiliki banyak waktu luang, termasuk untuk menulis apa saja yang ia inginkan. Journaling menjadi salah satu terapi sederhana ketika masa healing yang sesungguhnya.

 
 Keempat, TINGGAL DI DESA. Suatu hal yang tidak mudah bagi seorang pekerja kantoran dari kemudian memutuskan menepi dari keramaian, apalagi tidak memiliki pekerjaan. Hanya bermodalkan sisa tabungan yang ada, itupun hanya bertahan kurang lebih selama setahun. Sungguh modal nekat banget x))
 
 Kelima, BERTEMU ORANG-ORANG BARU. Salah satu hal positif tinggal di desa adalah bisa betegur sapa dengan tetangga. Bisa ngobrol bareng, bisa makan bareng, bisa ketawa bareng dan sebagainya.
 
Keenam, MENUMBUHKAN EMPATI PADA SESAMA. Hidup di desa, selain bisa berhubungan baik dengan sesama manusia, juga bisa menumbuhkan empati kepada keadaan sekitar. Lee Yeo Reum rela mengeluarkan semua uang tabungannya demi menukarnya kepada anjing yang disia-siakan majikannya.
  
 
 
Ketujuh, INNER CHILD yang dialami An Dae Bom ini cukup berat. Belasan tahun menjadi sosok menakutkan yang terus menghantuinya sampai dewasa. Dari drama ini kita belajar, bahwa inner child itu harus disembuhkan, bukan hanya sekedar dihindari.
  
 
Kedelapan, GREEN FLAG. Jika kita sering menonton drama atau film bertema green flag, dalam drama ini kita bisa menyaksikan sepasang manusia dalam hubungan yang sehat, atau biasa disebut green flag. 
  
 
Pokoknya suka banget drama ini. Apalagi aroma perpustakaannya kental banget, aku buatkan postingannya secara terpisah. Baca DI SINI ya.
 
 Banyak selipan kalimat favorit dalam drama ini:
1. Agar tidak tertinggal dan dikritik, aku bertahan sekuat tenaga. Namun, jika diingat lagi, aku sadar, aku telah mengkritik diriku lebih keras daripada orang lain.
2. Aku menukar waktuku dengan gaji. Mulai sekarang, aku ingin menggunakan waktuku hanya untuk diriku sendiri.
3. Aku khawatir karena tinggal sendirian, tapi aku juga bersemangat. Aku penasaran akan seperti apa hidupku nanti.
4. Aku tidak ingat apapun, kecuali perasaan benci.
5. Di dunia, aku korban dan mereka pelakunya. Namun, hari ini duniaku terbalik.
6. Banyak orang mati karena mereka kesepian, bukan kelaparan.
7. Bisa bekerja keras juga suatu bakat.
8. Aku mengalami kemerosotan, karena selalu berusaha memenuhi standar orang lain.
9. Aku kesulitan karena merasa bekerja dengan buruk saat orang lain berkembang. Jadi, sekarang, aku berusaha lebih mengenal diriku dan tidak mencemaskan orang lain.
10. Aku menempatkan diriku di posisi orang lain. Itu yang membantuku melanjutkan hidup. 
11. Trauma itu ketika kamu berpikir telah melupakan semuanya, padahal tubuhmu tidak.
12. Tidak banyak bicara membuatku merasa tenang.
13. Di dunia ini, kamu harus berdampingan dengan orang yang kamu suka dan kamu benci. Begitulah adanya, tidak ada yang bisa kamu lakukan soal itu.
14. Kamu bisa lupakan orang yang membencimu, tapi orang yang kamu suka bisa membuatmu sedih karena kamu menyukainya.
15. Orang-orang yang membuatku sangat sedih adalah mereka yang kucintai.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Secret Love

Setelah susah move on dari drama Kill Me Heal Me , akhirnya nonton drama lagi. Dan udah bertekad mau nonton drama-drama yang diperankan Ji Sung lainnya. Dan banyak banget yang ngerekomendasiin ini katanya alur ceritanya bagus, ditambah lagi pasangannya sama di drama sebelumnya aku tonton. Oya, drama Secret Love ini sebenarnya lebih dulu tayang dibandingkan Kill Me Heal Me.

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.