Langsung ke konten utama

REVIEW Reply 1994

Setelah nonton Reply 1988, langsung lanjut nonton Reply 1994. Jika Reply 1988 bercerita tentang anak sekolahan yang satu kompleks, Reply 1997 bercerita tentang anak kuliahan yang nge-kost bareng di satu rumah. Mereka berasal dari kampung yang berbeda-beda.

Tujuh tokoh utama, tujuh karakter yang berbeda pula. Setiap tokoh, kita mengambil hikmah pelajaran hidup. Tidak ada tokoh yang sempurna. Dibalik masing-masing kelebihan, juga memiliki kekurangan.


Sama seperti rumus di drama Reply 1988, penonton diajak flashback kehidupan para tokohnya. Dan menebak mana yang akan menjadi pasangan sang tokoh utama perempuan. Karena udah nonton yang Reply 1988, aku bisa nebak Reply 19994 ini akan berpihak siapa nantinya. Tapi tetep aja gak rela akutu. Endingnya sama-sama ngeselin kayak Reply 1988, couple idolaku gak bersatu, hahaha... x))

Ceilah...modus di perpustakaan:

Generasi 90-an banget: makan bareng di meja. Mamaknya Na Jung ini kalo masak, porsinya gak nanggung-nanggung. 

Tapi percayalah, di kehidupan nyata, aku belum menemukan ibu kos yang seroyal itu. Bahkan dulu pas aku nge-kos, seumur-umur kami yang nge-kost di kasih makanan ama ibu kos, sekalipun pernah kebanjiran dan kita kelaparan. Blass gak peka banget ibunya, hahaha... x)) #nasib

Ekspresi Na Jung kalo liat makanan enak:

Jarang sekali menemukan kebersamaan seperti ini sekarang ini, makan rame-rame merayakan hari tertentu:

Perang Dunia ketiga kalo Yoon Jin udah mulai mabuk, aib temen-temennya bakal bocor semua x))

Generasi 90-an banget: Nonton TV bareng-bareng. Kayaknya pas tahun 90-an tuh TV segalanya. Ya iyalah, belum ada internet kayak sekarang. Kalo mau nonton idola kudu mantengin TV karena gak ada siaran ulangnya. 

Di setiap awal episode, pembukanya selalu acara-acara TV yang happening kala itu. Mulai dari acara berita, sampai Piala Dunia yang bersejarah bagi Korea.



Generasi 90-an banget: nelpon kudu ke telepon umum atau nunggu pesan lewat pager.

Generasi 90-an banget: ngefans militan. Na Jung fans berat atlet basket, bahkan sempat menyarankan Chilbong buat beralih dari atlet baseball ke atlet basket. Tidak hanya itu, Na Jung dan Yoon Jin yang ngekos di rumahnya, sama-sama sebagai fans militan Seo Taiji and Boys. Jika Na Jung ngefans banget, Yoon Jin levelnya ngefans akut. Bahkan sempat mau bunuh pas tahu idolanya ini mau bubar. Ada banyak sebab kenapa seseorang begitu mengidolakan seseorang? Yoon Jin sejak kecil sering dibully teman-temannya. Kakaknya sering mendengarkan lagu-lagu Seo Taiji and Boys, dari situlah dia mulai ketularan suka dan bisa menjadi pengalihan kesedihannya karena selalu dibully. Ngakak pas Na Jung dewasa di bagian akhir ngomel memarahi ketiga anak-anaknya yang masih piyik-piyik nonton TV acara kontes nyanyi. Ini semacam dejavu pas Na Jung dewasa suka diomelin bapaknya kalo histeris nonton idolanya muncul di TV, wkwkwk... x))

Na Jung gemeteran pas Chilbong ternyata punya kontak atlet basket idolanya. Semacam kayak speechless gitu mau ngomong apa kali ya... x))

Sebab ditonton orang yang disukai, pilihannya hanya dua: jadi semangat atau malah grogi. Chilbong tipe yang pertama.

Hmmm...diam-diam Chilbong nyimpen foto Na Jung di balik topinya saat di lapangan:

Orang tjakep mah bebas, ampe nenek-nenek pun demen x))

Na Jung ini sebenarnya tipe cewek nyebelin, tapi bagi Chilbong yang bucin apa aja rela salah satunya pas Na Jung mau mecahin telur rebus ke kepala Chilbong yang berakhir ambyar karena ternyata itu adalah telur mentah, wkwkwk... x))


Haetae ini tipikal fu*kboy, tapi malah gagal melulu soal percintaan 

Na Jung ama Yoon Jin ampe mual kalo Haetae cerita gebetan yang gonta-ganti tapi nggak ada yang berhasil x))

Lalu kenapa Haetae gak ikut demen ama Na Jung? Soalnya Haetae udah kenal Na Jung sebagai teman. Apalagi mereka satu kampus. Emang bener sih, kalo dekat lawan jenis udah terlanjur rasa teman kayak gini bakal nggak bikin jatuh cinta. Karena udah terlanjur nyaman jadi teman x))

Suka duka wamil di Korea yang kerap menjadi mimpi buruk bagi para pemuda di sana direpresentasikan dari sisi Haetae yang tiba-tiba dapet panggilan wamil padahal merasa belum siap x))

Emak bapaknya Na Jung suka geleng-geleng liat kelakuan Na Jung ama Oppa yang udah kayak Tom and Jerry, bawaannya berantem melulu. Meributkan hal yang gak penting x))

Jiwa amburadul Na Jung sebenarnya menurun dari bapaknya:

Kelakuan bapak Na Jung x))

Selain suka sok tahu, bapak Na Jung ini suka sok hebat meski nanti berakhir kesakitan kayak pas scene ini x))

Ngakak hamba pas mamaknya hamil adek Na Jung, nyidamnya aneh-aneh banget. Paling parah tuh pas pengen tidur di depan gerbang rumah alias di jalan. Belum lagi pas mau ambilin anggur buat sang emak, bapak Na Jung syok menemukan Yoon Jin di dalam kulkas efek cuaca yang sangat gerah x))

Ini juga bikin ngakak pas emak bapakya Na Jung makan baper di luar. Gibahin artis dan ternyata gak sadar si artis makan di meja yang nggak jauh dari mereka makan. Epik sih ini x))

Entah kenapa, aku ngerasa Na Jung ama Oppa lebih cocok jadi kakak adik chemistrynya.
Oppa ini bawaannya gemass melulu kalo ketemu Na Jung

Nggak cuma sekali, tapi berkali-kali ada scene Oppa selalu mainin pipi Na Jung saking gemassnya gitu x))
Di saat nangis pun pipinya tetep jadi sasaran keuwuan Oppa terhadap Na Jung.

Oppa ini sebutannya Sampah. Soalnya anaknya emang jorok banget sih. Bisa pake kaos yang sama berhari-hari. Suka diomelin Na Jung akibat sifat joroknya itu x))

Oppa memang umurnya berbeda dengan anak kos lainnya di rumah Na Jung. Paling dewasa dari segi umur, tapi ternyata juga dari segi pemikiran. Empatinya tinggi terhadap pasien di rumah sakit tempat dia bekerja.
Oppa memang perhatian gak cuma pasien, tapi juga anak kos lainnya. Terutama Binggeure yang merupakan adik tingkatnya yang juga kuliah kedokteran seperti dirinya. 
Oppa udah menganggap Bingguere udah kayak adiknya sendiri. Ngasih nasehat tanpa terkesan menggurui. Oppa manggil Bingguere dengan sebutan 'Anak Anjing', mungkin karena wajahnya paling polos dibandingkan anak kos lainnya.

Bingguere ini representasi remaja menjelang dewasa yang belum tahu tujuan hidupnya. Selama ini dia sebagai anak baik-baik karena mematuhi perintah ayahnya yang galak dan demi menyenangkan ibunya. Sangat berbeda dengan adiknya yang pemberontak karena sudah tahu jalan apa yang ingin dipilihnya. Ini pembelajaran buat orangtua jika tidak bisa memaksakan kehendak kepada sang anak. Sebab anak bukanlah aset. Anak punya hak untuk menentukan pilihannya sendiri.

Samchunpo si muka culun yang dikampungnya sebenarnya kaya ini juga menjadi pelengkap penghuni kosan di rumah Na Jung. Dari awal episode udah keliatan banget lemotnya, salah bolak balik menuju rumah Na Jung pertama kalinya. Yoon Jin yang kecil perawakannya aja bisa menindas Samchunpo yang tampangnya lebih tua dibandingkan teman-temannya itu x))

Dan ternyata dese malah justru lebih muda dua tahun dibandingkan teman-teman seangakata pada umumnya. Jadi senjata Yoon Jin buat mengolok-ngoloknya tiap kali dia berbuat salah x))

Dibalik sikap Yoon Jin yang misterius dan cenderung nggak mau akrab berlebihan ama orang lain, ternyata dia merasa malu dengan keadaan keluarganya.

Ekspresi geli ketika teman satu kosan pacaran dan berubah bucin akut, wkwkwk... x))

Namanya juga pada dari kampung, geger pengen ngerasain AC baru yang dibeli bapakknya Na Jung yang berakhir mereka satu rumah tidur bareng gegoleran di ruang TV rame-rame x))

Pernah nggak ngalamin udah dandan abis-abisan malah berakhir kayak badut dan ujung-ujungnya ya muka polos aja ketemu gebetan kayak Na Jung ini, wkwkwk... x))

Merasa insecure ketika mantannya gebetan lebih dari kita, itulah yang dialami Na Jung x))

Sama halnya dengan Reply 1988, di drama ini juga bahas tentang keluarga dan persahabatan. Ada banyak kalimat bijak di setiap akhir episode yang ditampilkan. Salah satu kalimat favorit yang aku suka dari drama ini adalah: "Tak setiap orang berjalan di jalan yang sama. Setiap orang memiliki mimpi yang berbeda."

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))