Langsung ke konten utama

[Serba-serbi] 8 Drama Bertema Dokter



Selama #SocialDistancing ini apakah ada yang menghabiskan waktunya untuk maraton nonton drama? Aku malah enggak, soalnya udah dua bulan ini belum move on juga dari drakor Crash Landing on You yang ampe sekarang belum kubuat juga postingannya, terlalu baper, hahaha... x))
Selama sebulan ini, para nakes, terutama dokter, menjadi salah satu garda terdepan dalam menghadapi Covid-19. Semoga suatu saat ada film Indonesia yang mengangkat isu ini yang nantinya menjadi sejarah bagi anak cucu kita kelak :')


Nah, aku mau share tentang drama-drama Korea yang bertema Kedokteran. Apa sajakah itu? Apakah udah pernah nonton juga? Atau punya referensi yang lain? ;)


Setelah bertahun-tahun pasca lulus kuliah, udah nggak pernah lagi nonton drama. Entah kenapa, mungkin nggak ada yang greget, padahal pas kuliah dulu aku lumayan rajin nonton drama x))

Baru setelah Descendants of the Sun mulai booming, aku jadi penasaran juga. Dan memang akhirnya ketagihan dan drama ini menjadi pembuka aku untuk rutin nonton drakor setelah bertahun-tahun vakum, hahaha... x))


Ketika seseorang ditempa masalah terus-menerus, justru akan membentuk pribadi yang memiliki mental sekuat baja (ngalamin). Begitu juga dengan Yoo Hye-jung, kehidupan remajanya yang suram dan sempat menjadi pemberontak, ingin membuktikan pada dunia bahwa dia bisa menjadi dokter yang hebat tanpa bantuan orang lain termasuk keluargnya. Dulu dia hanya bercita-cita ingin meneruskan usaha restoran milik neneknya, tapi keadaan berubah karena suatu hal dan dia punya tekad kuat untuk menjadi seorang dokter. Alasan ini akan dia bawa sampai dewasa, bahkan sampai sudah menjadi dokter yang sukses masih ada sesuatu yang mengganjal dalam hatinya yang belum terselesaikan.

Dia juga melupakan cinta pertamanya, Pak Guru Hong Ji-hong yang diperankan oleh Kim Rae-won. Maaakkk.. Pak Gurunya bikin meleleh kayak gini, mau juga aku...gyahaha... x))


Adalah Oh Yeon-joo (diperankan oleh Han Hyo-joo) yang merupakan dokter bedah di Rumah Sakit. Di tempat kerjanya ini, dia memiliki atasan yang cukup addict dengan webtoon W. Awalnya dia ketakutan karena ketiduran saat dipanggil oleh atasannya yang merupakan profesor itu, ternyata dia dipanggil karena sang profesor penasaran akan kisah akhir W, dan memaksa Oh Yeon-joo memberikan spoiler dari ayahnya yang merupakan komikus dari webtoon W ini.. x)) #PukPuk

Disinilah cerita dimulai. Oh Yeon-joo nggak menemukan ayahnya di rumah. Di ruang kerjanya, di hanya menemukan tablet ayahnya yang digunakan untuk membuat webtoon W ini. Siapa sangka, Oh Yeon-joo terseret dunia cipataan ayahnya ini. Awalnya sulit dipercaya, tapi ternyata tidak hanya sekali itu dia masuk ke dunia komik, berkali-kali dia mengalami pepindahan dua dunia; dunia nyata dan dunia komik. Nggak hanya Oh Yeon-joo yang bingung, makin ke belakang makin penonton dibuat bingung mana dunia nyata dan mana dunia komik. Butuh imajinasi kuat untuk menonton ini. Kalau yang nggak suka fantasi bakal angkat tangan. Kebalikannya, kalau suka dunia imajinasi macam aku, pasti bakal penasaran dari episode satu ke episode berikutnya x))


Ada banyak kesamaan drakor ini dengan drakor Doctor's. Pertama, tokoh utamanya berasal dari keluarga kurang mampu. Balas dendam di masa lalu, menjadikan mereka untuk bertekad menjadi dokter. Dokter yang bukan hanya sekedar memeriksa pasien, tapi dokter yang memiliki hati dan nggak pilih kasih dalam menangani pasien. Ya, di kehidupan nyata pun kita juga sering merasakan betapa banyak dokter yang terlihat pilih-pilih dalam menangani pasien. Begitu juga yang dialami oleh Kang Dong Joo yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok. Kenangan pahit saat ayahnya meninggal dunia karena nggak cepat ditangani dokter, mulai dari situ dia bertekad akan menjadi dokter. Ternyata nggak mudah, saat dewasa dan sudah menjadi dokter pun dia masih mengalami yang namanya pilih kasih, terutama pada kaum yang berduit. Lebih epik lagi, dia harus ditugaskan di rumah sakit di kecil di pinggiran, jauh dari perkotaan.


Adalah Song Eun Jae yang diperankan oleh Ha Ji Won, seorang dokter ahli bedah dengan jam terbang yang tinggi. Semua itu dilakukannya demi memenuhi ambisinya untuk naik tingkat menjadi dokter yang lebih tinggi jenjangnya. Karena itu dia berusaha keras menaikkan jam terbangnya. Bahkan waktu tidurnya pun terbatas. Karena suatu hal, dia 'dihempaskan' dari rumah sakit ternama di Seoul dan 'terdampar' di kapal rumah sakit.

Seementara ada Kwak Hyun yang diperankan oleh Kang Min Hyuk yang memilih menjadi relawan di kapal rumah sakit, yang bagi kebanyakan orang adalah tempat yang paling suram. Ada alasan kenapa dia memilih sebagai relawan dibandingkan harus pergi wajib militer. Dengan menjadi relawan, dia masih bisa sesekali menjenguk ayahnya yang sakit 'serius'. Ayahnya dulu adalah dokter terkenal, karena suatu hal, ayahnya memiliki trauma yang cukup hebat sampai melupakan anak istrinya. Sementara adiknya dalam waktu dekat akan menikah tapi malu mengenalkan ayah mereka yang 'sakit serius itu.


Sebenarnya keambisiusan seseorang tidak hanya dari sisi para mamak, tapi juga para ayah. Sembilan orang tua sebagai utama, sembilan karakter yang berbeda. Para artis senior ini sebenarnya bukanlah bintang-bintang papan atas, tapi harus diacungi jempol aktingnya juara semua di sini. Semua peran menjiwai dan chemistri antar para tokoh, terutama antar pasangan cocok banget.

Semua episode aku tonton, nggak ada yang di-skip. Soalnya semua scene dapet banget. Rapi banget skenarionya. Bikin kita hanyut menyimak jalan cerita dan konflik para tokohnya. Semua tokoh meski kelihatan sempurna, tapi masing-masing memiliki kelemahan.

Han Seo Jin yang diperankan oleh Yum Jung Ah. Tipikal mamak-mamak ambisius. Menghalalkan segala cara agar anaknya bisa masuk kedokteran di universitas ternama di Korea. 

Dia ingin membuktikan pada ibu mertuanya bahwa meski ia bukan dari kasta yang sama dengan keluarga suaminya, dia harus bisa membawa anaknya dan menjadikannya sebagai dokter generasi ketiga di keluarga suaminya. Sebagai pembuktian bahwa dia mampu melakukannya.


Bukan kali pertama Ji Sung memerankan sebagai narapidana. Jika di drama Defendant, dari jaksa menjadi narapidana. Di drama ini lain lagi, dia berperan sebagai narapidana yang dulunya adalah seorang dokter ternama.

Tak jarang, dia menyelamatkan nyawa para narapidana lainnya yang sekarang di tahanan. Maka, tak heran jika dokter yang bertugas di sana rata-rata langsung pada mengundurkan diri alias mendadak minder karena keahliannya tak tertandingi. Dia mampu menganalisa penyakit suatu pasien hanya dengan jangka waktu sepuluh detik.

Setelah masa tahanannya habis, dia kembali ke rumah sakit tempatnya dulu bekerja. Meski banyak pro kontra yang harus dihadapinya. Wajar saja, seseorang yang sudah pernah memiliki label 'narapidana' menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, padahal belum tentu dia melakukan hal-hal yang buruk seperti yang di lakukan Cha Yo Han alias Dr. John, peran yang dimainkan Ji Sung ini.

Adalah Kang Shi Young yang diperankan oleh Lee Se Young. Dokter muda yang sedang 'melarikan diri' dari masalah yang dihadapinya. Ketakutan di masa lalu kerap menghantuinya. Untuk itulah dia menerima tawaran seorang paman yang merupakan sahabat ayahnya yang mengajaknya untuk menjadi dokter sementara di tempat tahanan.


Dua pemain utamanya adalah aktor senior di drama Korea yang tentunya udah banyak pengalaman berakting. Terakhir drama Ha Jiwon yang aku tonton adalah Hospital Ship yang tayang sekitar tahun 2017. Udah lumayan lama juga ya, jadi drama ini semacam drama comebacknya gitu. Di sini dia berperan sebagai koki. 

Sedangkan Yoon Kye Sang berperan sebagai Lee Kang yang merupakan seorang dokter. Sejak kecil, meski derajatnya naik karena tinggal bersama keluarga ayahnya, hidupnya mengalami tekanan batin yang amat berat. Apa yang dilakukannya selalua salah di mata keluarganya. Pasca kematian ibunya, dia tidak memiliki seorang pun yang bisa membelanya.

Tokoh utama dalam drama ini sebenarnya tumbuh dewasa dengan masing-masing membawa luka di saat masih anak-anak. Luka batin yang tidak bisa hilang. 

Drama ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Bertema romance tapi nggak menye-menye. Saat menonton drama ini, ikut terhanyut dengan segala hal yang dialami tidak hanya para tokoh utamanya, tapi juga para pemain lainnya, terutama para pasien di sanatorium :')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))