Langsung ke konten utama

Bangga Menjadi Mahluk Berlabel Langka: Pustakawan



Pertengahan Maret 2011, mulai aktif bekerja di Perpus Sekolah. Sebenernya jauh dari harapan saya. Dulu ngebayanginnya ditempatkan di Perpustakaan Daerah. Jujur, saya sampe nangis gak mau diambil aja. Kayaknya saya emang gila, jadi abdi negara malah emoh. Saya udah ngebayangin…ampun…perpustakaan sekolah kalo negeri yaaaa….gitu deh…hidup segan mati tak mau. Sebenernya di kampus dulu juga keadaannya begitu, tapi saya ‘teror’ para petingginya, mereka merespon positif karena perpus juga sebagai penentu akreditasi sebuah kampus. Lha kalo di sekolah?? Bisa dibayangin kan, mau saya ‘teror’ juga percuma. Dana pasti minim. Pengadaan buku cuma sumbangan dari Diknas, itupun belum tentu tiap bulan. Bagi kebanyakan sekolah negeri, keberadaan sebuah perpustakaan kurang diperhatikan. Mana sekolahnya pelosok pula, jauh di ujung.
Dugaan saya benar. Perpustakaan yang saya tempati persis seperti yang saya bayangkan. Ruangannya hanya satu kelas, suram, buku di lemari dan rak penuh sesak dari jaman kapan, dan… masih manual. Sudah bisa dipastikan murid yang datang ke perpustakaan hanya hitungan jari, itupun itu-itu lagi muridnya. Saya ditantang bapak, PUSTAKAWAN itu harus bisa mengubah PERPUSTAKAAN menjadi menarik. Percuma ada pustakawan kalo perpustakaannya gak berubah. Jdeennnggg!! :D
Setelah dua minggu kena shock dengan keadaan, saya mulai semangat di bulan April. Pelan-pelan buku yang ada dientri secara komputerisasi, dipasang barcode satu per satu. Buat nambah koleksi, murid-murid kelas XII yang lulus diwajibkan nyumbang buku. Ini aja banyak yang gak mau, karena dulunya gak pernah ada. Pokoknya nyumbang buku bebas, gak harus baru yang penting bisa dibaca. Targetnya semester baru, Juli harus sudah sistem digital. Agak susah memang mengubah kebiasaan sikap disiplin murid. Jika sebelumnya saat manual, murid yang pinjam dan mengembalikan buku susah dideteksi. Kadang pinjem udah ngaku balikinlah. Nah, dari sistem barcode ini perpus bisa dapat pemasukan karena sistem denda sudah berjalan otomatis. Saya belikan buat buku-buku fiksi modern yang sebelumnya cuma ada buku-buku sastra jaman kapan. Sebagai rangsangan buat baca diperpus, uang denda juga disisihkan buat beli majalah Gadis, Kawanku, Cinta Cinta, Alia, Hidayah, Intisari dan lain-lain yang edisi lama. Yang penting ada dulu, itupun muridnya udah rebutan. Yang baru biasanya koleksi saya pribadi, biarlah buat di perpus, semakin banyak yang baca kan semakin bermanfaat :)) Alhamdulillah, pengunjungnya melonjak drastis. Selalu di atas 75. Bahkan Senin-Kamis lebih dari 100-150. Meskipun gak semua niatnya baca. Ada yang hot spot-an sekedar buka facebook, nonton TV, ngerjain tugas, cuma curhat, yang ngecengin kakak kelas juga ada :D Setelah berkali-kali mendesak Kepala Sekolah, akhirnya perpus dikasih dana khusus beli buku-buku fiksi. Senangnyaaaa….ini rekor karena sebelumnya gak pernah ada buat pengadaan buku (>,^)
Korden saya cuci sendiri. Bayangkan, terakhir kali dicuci tahun 2009, ampyuuunnn… Bahkan sampe sekarang, saya setiap hari masih nyapu ruangan dan mengelap meja sendiri. Ada tukang bersih-bersih?? Bangkrut juga kalo tiap hari dimintai tolong musti ada uang rokoknya. Mending minta bala bantuan murid-murid buat nempel-nempel, gunting-gunting, shelving, dll. Dikasih gorengan ama jus aja mereka udah seneeenng banget! Malah kadang ada yang sukarela menawarkan diri membantu, lumayanlah…  :p
Selama bulan-bulan itu, saya masih nyambi di kampus. Pagi ampe siang, di sekolah. Siang ampe sore di kampus. Lewat AGUSTUS udah gak bisa bagi waktu karena sekolah jam belajarnya ditambah sampe sore. Akhirnya yang kampus dilepas.
Pasca lebaran, SEPTEMBER & OKTOBER kedatangan ribuan buku-buku pelajaran berbasis BSE baru dari Pusat dan Propinsi. Padahal buku-buku yang terdahulu belum selesai di barcode. Banyak juga yang belum tersentuh, bahkan belum diinventarisasi. Gimana ini?!? Saya udah kayak tukang sate, semua dikerjain sendiri. Mulai dari sirkulasi hingga pengolahan. Yang magang di perpus sudah lulus, jadi dia mau kerja yang sesuai ijazahnya. Buku yang baru gak ada rak, ruangan juga gak muat menampung murid-murid, ditambah lagi selama ini perpus buat lapak beberapa guru tertentu  yang ngerokok pula.
NOVEMBER, hampir tiap hari saya ‘meneror’ kepala sekolah. Minta ruangannya ditambah. Ruangan sebelah kiri yang kosong minta dijebol biar perpusnya lapang. Ternyata perpus harus bersaing dengan yang lain; lab bahasa, ruang UKS, dan yang menang adalah ruang untuk orang Korea yang akan meneliti sekolah selama dua tahun. Sembari menunggu ruangan ditambah, buku-buku jaman dahulu kala yang sudah tidak sesuai kurikulum, saya weeding alias disiangi. Biar gak buat rumah tikus! >.<
Saya masih belum putus asa, akhirnya ruang sebelah kanan yang kosong dijebol jadi milik perpus. DESEMBER selesai stock opname tepat sebelum ujian semester. Ruangan di cat ulang. Ruang buku tertutup dan ber-AC. Ruangan baca jadi lapang karena format lesehan menggunakan karpet dengan tambahan beberapa meja pendek. Meskipun belum bisa disebut sebagai perpustakaan yang layak, setidaknya udah beda jauh dengan apa yang disebut gudang :D
Target saya berikutnya, semoga perpus bisa mendapatkan buku-buku fiksi. Saya memang belum seikhlas Bu Kiswanti yang rela koleksinya untuk dibaca masyarakat umum. Jika biasanya buku-buku pribadi hanya saya pinjamkan ke teman dan saudara, semenjak di perpus sekolah saya sudah bisa ikhlas berbagi buku-buku kiriman dari peri buku untuk dibaca dan dipinjam murid. Ada kebahagiaan tersendiri saat melihat aura senang mereka ketika mendapatkan buku yang menarik, bukan hanya sekedar buku pelajaran..  (>,^)  
Saya pikir setelah bukunya 85% dibarcode saya bisa leyeh-leyeh…OMG…ternyata awal tahun udah ada ribuan buku pelajaran baru Dinas Kota yang menunggu diolah. Siapa bilang pustakawan bisa nyantai?!? Jangan samakan PUSTAKAWAN dengan PENJAGA BUKU yaaa… :D

INGAT:
BEKERJA ITU PASSION, BUKAN FASHION


Komentar

  1. Salut. Pekerjaan yang membanggakan. good luck ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekerja sesuai passion memang lebih menyenangkan! ;)

      Hapus
  2. Pustakawan memang beda dengan penjaga buku
    Kuliah pustakawan aja sampai 4 tahun gituh
    Semoga menang lombanya mbak
    Salam kenal

    BalasHapus
  3. Pekerjaan sesuai passion itu membanggakan, mengasyikkan tapi susah dicari... Kalo udah sesuai passion sih mau kerja seberat apapun gak bakal berasa capek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, bekerja sesuai passion itu seperti bekerja tanpa beban... ;)

      Hapus
  4. hai salam kenal Kak,
    jadi pengen banyak ngobrol sama kakak pustakawan ini...
    sudah dua tahun aku menjalani pekerjaan seorang pustakawan, aku sih lbh senang disebut staf perpustakaan & sekarang aku sedang dilanda kebosanan yg akut :|

    Aku masih menjalani hari-hari ku sbg seorang staf perpustakaan s.d. akhir 2014
    terbersit rasa ingin mengabdi terus dipekerjaan ini, namun apa daya aku seorang Sarjana Kurikulum & Teknologi Pendidikan
    Mata Kuliah Ilmu Peprustakaan aku dapat 2 SKS, lumayan untuk menjalani hari-hari ku yg sedang semu...

    aku berharap Kakak mau menghubungi Aku lewat email phenyukerooo@gmail.com
    sekedar ingin tau & meminta saran apakah aku bisa ada di bidang ini terus

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan Sarjana Kurikulum & Teknologi Pendidikan bisa mengaplikasikan ilmu di bidang perpustakaan loh. Contohnya bisa membuat sistem layanan perpustakaan yang digital, tanpa manual lagi. Sudah dicoba belum? ;)

      Hapus
  5. Menjadi pustakawan adalah pilihan yang berani, sekaligus mengasyikkan. Berkawan buku dan setiap hari berpetualnag di rimba kata-kata yang penuh kejutan adalah hiburan yang tidak ada bandingannya.

    Asyik, segar, dan tambah ilmu. Semoga konsisten dan berjaya di kontes ini ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjadi pustakawan memang menyenangkan... :))

      tetap sama-sama semangat ikut kontesnya... ;)

      Hapus
  6. pustakawin bu. bukan pustakawan.:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pustakawan mah banyak, pustakawin cuma satu ya, cuma di smanda... :D

      Hapus
  7. kereeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnn.......jempol deh buat ibukk :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangen ya dibantu nempel-nempel barcode ama Baiti dan kawan-kawan... :')

      Hapus
  8. Bagus buuu.
    Ibu pustakawan paling asyik yang pernah ku temui :-D
    *lebaydikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti mau ngerayu biar dapet novel terbaru yaaa... :D

      Hapus
  9. Pustakawan tu Mudah tp Sulit dilaksanain.....
    biasanya orang tu paling gk betah kalu harus berlama-lama berhadapan dengan buku yang menumpuk segunung semeruuu.. (L)
    apalagi kalo punya penyakit Disleksia, waah pasti dah mutah-mutah tu
    tapi ternyata ada juga yang betah menghadapi buku-buku yang segunung itu, yaitu seorang Pustakawan
    mereka mampu menyusun buku-buku yang segunung terus hafal dimana tempatnya diantara rak-rak buku yang berjejer itu
    tp senengnya jadi pustakawan tu bisa jadi saksi murid-murid yang cinlok dan jadian ni perpustakaan...
    semangat buat para pustakawan
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pemustaka yang berjodoh di perpustakaan,
      tapi pustakawannya malah belum dapet-dapet jodoh.. #eaaa #MalahCurcol :D

      Hapus
  10. aku tau banget perpus ssebelum ada bu luckty , sekarang udah beda dari suram jadi terang. dari gudang jadi tempat yang menyenangkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya sekarang udah gak kayak gudang yang penuh tikus berkeliaran yaaa... :))

      Hapus
  11. salut, semua dikerjakan sendiri. Emang kalau kerja sesuai passion beda yah dibanding kerja karena butuh uang doank.
    Mbak Luckty, aku ada majalah Gogirl mau disumbang, taoi di daerah sih yah #mikirongkir

    BalasHapus
  12. Luckty ngerjain ini sendirian? Ayo mulai rekrut pustakawan lain.
    Baca kisahnya, kayak baca novel. Perjuangan yang keren ^^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo urusan rekrut tenaga baru ya tergantung kebijakan sekolah, Kak... :))
      semoga suatu saat bisa dibukukan, hehe... #ngarep
      makasih ya tulisanku udah dibaca, semoga sukses dengan karyanya ya, Kak... :))

      Hapus
  13. Inget perkataan mbak Luckty. Tiap dapet buku unyu, bakal disumbangin ke perpustakaan....
    Semoga saat aku punya buku nanti, aku bisa sumbang walau sebiji...
    Soalnya kalau sumbang buku lain, pasti pada udah punya XD

    Jayalah perpustakaannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mengambil konsep; fa ido ma, ma ido fa (gak inget bahasa apa ini, pernah nemu buku judulnya ini jaman sekolah).

      Fa ido ma, ma ido fa itu artinya memberi jika menerima, menerima jika memberi.. :))

      Hapus
  14. salaaaam kenaaaal....mba Luckty di SMA 2 Metro Lampung Tengah nih? aku kelahiran Metroooo loh hehehe...salam kenal sekali lagi dan selamaaat yaaaa, menang kontesnyaaaa :D...so happy for you and bravo juga untuk tugas mulianya menjadi pustakawan...cheers....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.. ;)
      Metro beberapa taun ini udah jadi kota madya. Sudah lepas bagian dari Lampung Tengah :))

      Hapus
  15. selamat mbak, kamu menang... :)

    BalasHapus
  16. Mbak... itu bener mulai kerja bulan Maret tahun 2013 dan bukannya tahun 2012 ?
    Soalnya... kan ceritanya dibuat secara kronologis... padahal sekarang aja baru masuk bulan Nopember 2013.... sementara cerita di atas sudah sampai bulan Desember 2013.

    Oyaaa... selamat ya telah menang. Membaca tulisan di atas, aku dapat menangkap rasa kebanggaan dan pashionnya atas pekerjaan dan perpustakaannya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, Mbak atas koreksinya.
      Harusnya itu tahun 2011, tahun aku awal di perpus sekolah... :D

      Hapus
  17. keren, :)
    selamat mbak udah jadi pemenang :)

    BalasHapus
  18. Pengabdian di perpustakaan itulah yang patut dicontoh mbak oleh pustakawan di sekolah lain, kadang saya merasakan waktu di SMA, pustakawan cuma ngurus peminjaman dan pengembalikan buku, buku-buku yang ada kebanyakan pelajaran dan nggak update ;(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))