Langsung ke konten utama

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo


Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

 
Sedikit pengetahuan, serial ini diadaptasi dari novel Tiongkok yang berjudul Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua. 

Episode pertama, dibuka dengan kisah Go Ha-jin yang lagi nangis bombay di sudut air terjun, sedang meratapi nasibnya yang sedang apes berlipat. Sahabat dan pacarnya telah membohonginya. Ditambah lagi mereka mengambil semua yang dia miliki. Dia merasa hidupnya nggak berguna, dan pengen mati aja. 

Di tengah nangisnya yang tak kunjung usai itu, tetiba ada anak kecil tenggelam, dan dia awalnya gak pengen peduli akhirnya hati kecilnya nggak tega melihat anak itu, dia refleks loncat. Apa yang terjadi? Tepat saat itu gerhana matahari. 

Dia makin tenggelam ke dasar laut, dia merasa hidupnya sudah berakhir sampai di situ. Siapa sangka, dia hidup kembali lewat tubuh Hae Soo yang hidup di zaman Dinasti Goryeo di Korea. 

Epiknya, dia datang pertama kali ke zaman itu berada di pemandian para pangeran. Oya, di serial ini pangerannya banyak, bahkan ada pangeran ke 14. Sempet mikir, ini pas nontonnya gimana ngebedainnya? Ternyata eh ternyata, pangeran yang dijadikan tokoh utama totalnya hanya tujuh. Tapi masih pake mikir pas awal episode, ini pangeran yang ke berapa x))

Karena ini banyak pangeran, jadi jangan kaget pas di awal kita akan di suguhi pangeran-pangeran bertelanjang dada, ya namanya juga scene mandi bareng-bareng x))

Setiap pangeran punya karakter dan ciri khas masing-masing yang membedakan mereka satu sama lain. Saking banyaknya anak, raja sampe bingung mana pangeran yang kelak akan meneruskan tahtanya jika dia mati. Dari awal sebenarnya raja sudah menunjuk putra mahkota untuk menggantikannya kelak, sayangnya banyak sekali halangan dan rintangan jalan Wang Moo menuju tahta, bahkan saudaranya sendiri kerap menghalanginya. Pesan moral, kalo punya anak jangan banyak-banyak macam raja Taejo ini, semakin banyak anak (apalagi dari banyak istri juga) bakal repot, akan saling bertikai meski mereka sedarah x))

 

Akan aku bahas satu per satu karakter para pangeran dari serial ini meski nggak semua. Pangeran ketiga, Wang Yo. Dari karakter wajahnya, memang keliatan picik dan ambisius banget. Apa pun dia lakukan demi mendapatkan tahta, termasuk mencelakakan saudara sendiri. Hal ini pun didukung oleh keambisiusan sang ratu yang juga ibunya sendiri. Pangeran ini punya istri, tapi nggak pernah diliatin istrinya. Hong Jong-Hyun cocok banget memerankan sebagai karakter pangeran ini.

 

Ada juga pangeran ke 13, Wang Baek-ah yang diperankan oleh Nam Joo-Hyuk. Sebenarnya dari semua pangeran, karakter inilah yang paling aku suka. Pintar dan bersahaja. Kerap menyamar sebagai rakyat biasa dan mengamati kegiatan rakyatnya di pasar dan ditorehkannya lewat gambar-gambar yang dibuatnya lewat semacam buku gambar. Selain hobi menggambar, dia juga pandai bermusik. Di sini nanti diceritakan bahwa dia dua kali jatuh cinta, sayangnya dua kali patah hati. Upss... x))


Pangeran yang paling kekanak-kanakan; Pangeran kesepuluh, Wang Eun. Byun Baek-hyun pas banget memerankan tokoh ini; polos-polos bego nan kekanakan. Kebayang kan ada pangeran yang merayu perempuan bukannya pake bunga apa-apalah gitu malah pake boneka tangan dan mainan-mainan favoritnya termasuk ketapel x)) Ya, cita-cita pangeran kesepuluh ini suatu saat ini mendirikan toko mainan. Dia lihai sekali seni melipat handuk untuk dijadikan mainan yang bisa disulap menjadi kelinci, perahu dan sebagainya. Meski dia kekanakan, justru dia punya fans, putri sang jenderal cinta mati ama dia sejak kecil. Saking ngefansnya, apa pun dia jabanin demi mendapatkan pangeran kesepuluh x))



Pangeran keempat belas, Wang Jung. Kalo diliat, kesannya dia hanya sebagai pelengkap. Tapi siapa sangka jika di akhir-akhir episode justru berperan penting bagi kehidupan Hae Soo. Hatinya juga tulus.
 

Pangeran kedelapan, Wang Wook. Satu-satunya pangeran yang istrinya ditampilkan. Lewat tokoh Wang Wook ini kita bisa melihat bahwa zaman dahulu banyak sekali pernikahan berlangsung karena kepentingan, dan Wang Wook ini korbannya. Dia sudah lama menikah, tapi hatinya belum seutuhnya untuk sang istri. Tapi dia juga gak tega mau meninggalkan istrinya. Apalagi istrinya sakit-sakitan. Yang lebih kasihan lagi adalah di usia pernikahan mereka yang cukup lama, sang istri tidak bisa memberikannya keturunan. Sementara Hae Soo yang merupakan sepupu dari istrinya ini menjadi semacam tungku hangat di rumah mereka. Tapi ya namanya tungku, kalau terlalu panas bisa membahayakan. Begitulah perumpaman Hae Soo ditengah-tengah mereka. Wang Wook, semakin lama semakin bersemangat tiap kali memandang Hae Soo, tapi dia tidak mungkin meninggalkan istrinya. Wang Wook yang awalnya tampak paling santun, dewasa dan penengah, siapa sangka wataknya akan berubah. Ya, semua karena cinta.

 
 
Pangeran keempat, pangeran yang diasingkan dari saudara-saudaranya sejak kecil. Bahkan ibunya pun nggak menganggap dia ada. Ya, semua gara-gara parut alias luka yang menggorep hampir separuh wajahnya kirinya. Wang So, pangeran yang kesannya paling kejam ini sering disebut anjing serigala karena dia bisa membunuh siapa saja. Lee Joon-Gi ini pas banget memerankan tokoh pangeran keempat ini. Bengis tapi sebenarnya romantis. Terlihat bengis karena sedari kecil sudah hidup teriris.

Dari semua pangeran, Wang So inilah yang kisah hidupnya paling sedih. Seumur hidupnya, dia hanya dianggap oleh ibunya. Hanya itu, sayangnya hingga akhir hayat, ibunya enggak mengakuinya meski sempat memegangnya sebentar. #PukPukWangSo

 Bahkan di awal-awal episode, Hae Soo sangat takut jika berpapasan dengan Wang So, seakan-akan pangeran keempat ini akan memakannya hidup-hidup x))

Siapa sangka, pangeran yang terlihat paling bengis diantara yang lain ini justru yang paling berjiwa ksatria. Ketika pangeran lainnya nggak bisa menolong Hae Soo di saat terjepit oleh keadaan, hanya pangeran keempat yang menolongnya. Nggak hanya sekali, tapi berkali-kali. Dan inilah scena yang paling epik, di episode ke sebelas:


Dan masih banyak scene favorit diantara Hae Soo dan pangeran keempat, Wang So ini:






   




  
 

Kalo dipikir-pikir, aku nggak suka karakter Hae Soo. Dia terlalu ikut campur akan kehidupan para pangeran. Dan seperti nasehat Ji Mong yang menasehati Hae Soo untuk nggak mengubah cerita sejarah yang sudah digariskan. Semua kisah tragis yang terjadi, kalo dipikir-pikir, ini salah Hae Soo.
 
Hae Soo yang diperankan oleh IU ini memang cantik banget. Wajar jika para pangeran menyukainya. Selain itu, meski ini bersetting kerajaan Korea zaman dulu kala, suka ama hanbok yang dikenakan Hae Soo, manis-manis :))
  
 
Semenjak awal cerita ketika Go Ha-jin bermetamorfosis menjadi Hae Soo, budak Chae-Ryung tak hanya menjadi pelayannya, tapi juga menjadi sahabat yang paling dia percaya. Tapi seperti pepatah bilang, jangan pernah ungkap semua rahasiamu, termasuk kepada sahabat, karena bisa jadi suatu saat akan menjadi bumerang yang akan menjatuhkanmu.



Ada juga tokoh Woo-Hee, seorang putri yang menyamar dan menjadi sahabat Hae Soo ini ternyata juga diam-diam memata-matai kehidupan para pangeran. Kalo dipikir-pikir, Hae Soo ini terlalu percaya sama orang lain. Seperti dikehidupan sebelumnya. Gampang terpedaya oleh orang lain.


Dari sekian tokoh yang ada, tokoh favorit adalah Kepala Dayang Oh. Meski kesan di awal judes, ternyata dia orang yang paling tulus dalam menghadapi hidup meski pahit dan berujung pada kematian... :')


Dilihat dari cerita dan para pemainnya, sayang banget kalo serial ini dilewatkan meski banyak yang kecewa di endingnya. Tapi jika ditelusuri ya endingnya wajar, karena jika seperti yang diharapkan penonton justru akan memebelot dari sejarah. Nih, aku kasih sedikit spoiler di bagian ending yang paling epik:



Dedek unyu ini meski scenenya bentar banget, tapi malah justru bikin berkaca-kaca :')






Settting yang sangat mendukung cerita dalam serial ini yang hampir 80% di istana dan sekitarnya:






Pesan moral serial ini adalah betapa harta, tahta, dan wanita mampu membolak-balikkan hati seseorang.







Komentar

  1. Aku juga paling suka sama Baek Ah. Scene paling suka waktu ulangtahun Pangeran Eun. Itu terakhir kalinya para pangeran pada kompak. Setelahnya mulai mendingin persaudaraan mereka. Itu juga pertama kalinya So sadar kalau dia mencintai Soo waktu Soo nyanyi "Jika ada tempat yang tidak ada kesunyian di dalamnya, akan aku ajak kamu ke sana". Ini drama emang bikin baper. Hihihihi... Aku suka awal2 waktu Soo masih enjoy sama dunianya. Soo mulai tertekan saat tahu siapa Gwangjo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama yang bikin baper, soalnya pangerannya banyak, wkwkwk... x)) Iya, kalo dipikir-pikir, jadi Hae Soo serba salah salah ya, karena cuma dia yang tau masa depan. Masih belum bisa move on buat nonton drakor yang lain nih... x))

      Hapus
  2. Aku juga paling suka sama Baek Ah. Scene paling suka waktu ulangtahun Pangeran Eun. Itu terakhir kalinya para pangeran pada kompak. Setelahnya mulai mendingin persaudaraan mereka. Itu juga pertama kalinya So sadar kalau dia mencintai Soo waktu Soo nyanyi "Jika ada tempat yang tidak ada kesunyian di dalamnya, akan aku ajak kamu ke sana". Ini drama emang bikin baper. Hihihihi... Aku suka awal2 waktu Soo masih enjoy sama dunianya. Soo mulai tertekan saat tahu siapa Gwangjo.

    BalasHapus
  3. Aku udah nonton ini dr 2017 awal tp masih blm bisa move on dr drama ini :"
    Sukses bgt bikin nangis bombay. Best lah.
    Menurutku emg beberapa kejadian tragis kesalahan hae soo tp kalo hae soo ga ngambil keputusan yg tepat, mungkin so ga akan jd raja yg bijaksana.
    Sayangnya ending yg so ngasih sapu tangan ke hae soo dihilangin. Pdhl cuma ending gitu aja bikin hati para viewers bahagia :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, drakor-drakor 2016 lebih greget ketimbang taun ini x))

      Hapus
    2. Mba dede rini : scene ngasih sapu tangan dihilangkan?
      Ada ya?
      Penasaran.
      Maksudnya memang diedit oleh sutradara atau gmn? Kepooo banget akuh

      Hapus
    3. Ending yg dipotong itu. IU yang upload, karna banyak penonton kecewa endingnya mereka gak bersama.

      Hapus
  4. Tapu kok aku suka sama kang hae neul yaaa. Wang wook ohhhh ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner,krna diawal scane wook n hae soo trlalu epic mnurut gw,wook berubah pun krna hae soo yg trlalu dkat dgn so ... Kmpret memang

      Hapus
    2. Padahal cemisrty nya udah dapet banget. Sedih sih pas liat review kalian yg udah ntn, aku sebenernya ini lagi ntn setengah aja. Ganyangka aja nanti wook berubah, padahal awalnya dia pribadi uang santun, romance, ganteng, ga nekoneko, ga pecicilan, aku kira soo cocok banget sm wook. Aku teralanjur meleleh sm wook, akhirnya pupusss😪 grgr drama ini jadi pengen ada pangeran ke8 macam wook ug super baik penhelamat, pelindung, pengayom uhh wook

      Hapus
    3. sama huhuhu kujuga ngeship wook sama hee soo.
      drama ini kaya roller coster sumpaa, eps 1-5 dibikin ngakak ngakak sm tingkah pangeran2, pas udah 7 keatas dah mulai nyesek karna wook dah merenggang sm hee soo, pas udh eps 10 keatas nangis2 bombay wook berubah drastis.
      semoga ada season 2 nya, dan kisahnya gantian ama wook ehe :D

      Hapus
  5. Bener... sampe skrng blm move on T.T udah setahun lebih pdahal.. paling kasian sama Wang So T.T ga bisa apa ya dia bahagia dikit... semoga ada season 2 nya kayak versi mandarin :") berharap bangett gue :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritanya sama ga kaya yang versi mandarin??
      judulnya apa? bagi info dong xixixi :D

      Hapus
    2. sama di awal awal aja, cewe dr dunia modern namanya Qu xiao tan jatuh ke air terus hidup lg tapi sebagai Qu tan er di jaman kerajaan. judul dramanya the eternal love

      Hapus
  6. Hallo ka salam kenal, aku juga baper banget sama drama ini ngikutin dr on going dan sampe sekarang udh setahun lebih msh suka nonton dramanya tetep selalu bikin nangis sesenggukan, drama terbaper kalau menurut aku parah dibikin baper berkepanjangan huhuhu dramanya gada celah cuma satu sih yg bikin ganjal itu kenapa sih ibunya wang soo jahat bgt sampe dia mau meninggal aja tetep gamau mengakui wang so kan kasian. Sebel bgt sama yeon hwa kenapa dia ngga nikah sama wang yo aja sih mereka cocok bgt sama sama jahat sama sama ambisius, pdhl dr awal aku ngiranya mereka bakal nikah eh malah nikah sama wang so aaaaah bedarah gue liatnya nyesek banget jd hae soo ngga kebayang kalau jd hae soo 😭😭😭

    Tapi sayangnya pas on going drama ini rattingnya bad cuma grgr banyak yg gasuka sama iu pdahal dramanya seru parah, tapi setelah tamat orang2 korea pd nonton grgr banyak yg review drama moonlovers dan mereka akhirnya nonton juga lucunya mereka baper juga malah sampe skrg bapernya wkwkwkw kocak lagian netizen korea mah.

    Oia sampe skrg banyak gosip beredar kalau moon lovers bakal ada sequelnya semoga beneran terlaksana, masih pengen liat wang so sama hae soo.

    BalasHapus
  7. hae soonya payah menurutku jadi perempuan dah jadian sama pangeran ke 8 malah nolong pangeran ke 4, malah nolongnya sampe ngubah jadi raja. wajar lah kalo pangeran ke 8 sakit hati dan berubah jadi ambisius.

    trus pemeran haesoo nya kuraung cantik. walau gitu aku dah nonton 4 kali tetep mewek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hae so ga salah. Wook yang meninggal kan hae soo karna Wook lebih milih keluarga nya, di saat hae soo lagi terpuruk, masuk lah wang so sebagai pengobat luka. Jadi hae soo ga salah dan hae soo ga ada niat mau selingkuh dia mengakui sama wang so kalau dia sudah punya pacar, memang si Wook nya ajah yang berpalinh

      Hapus
    2. Kurang cantik? IU tampil cantik ko sebagai hae soo ...

      Hapus
  8. Mo gimanapun pendapat yg lain tentang wang wook, gw tetep di stiap drama always jatuh hati sm second lead ny, trutama si wang wook😅 ya fia berubah juga gegara si hae soo, kalo gw jd wang wook jg pasti sakit hati digituin. Manalagi dia harus dihadapkan dgn dia pilihan, antara cinta atau keluarga, maka itu yg ngehambat dia lgsg bertindak tanpa mikir demi cinta. Beda sm wang so yg punya kluarga tp bomat, ya dia bisa bebas ngelakuin ap aja demi cintanya. #teamsecondleadsyndrome #staywithwangwook

    BalasHapus
  9. Sampe skrg nasih gak paham, knp tu ratu benci amat sama anaknya sendiri ya? Apa krn pas lahir, anaknya dikasih ke selir raja yg pertama. Jdi ingatin dia sama bencinya dimadu kali ya... Btw, knp gak suka sama IU? Tapi karaker Hae Soo, bagi q, mang karakter klise yg nyebelin. Ara2 karakter manga. Cewek imut super baik tapi gampang bgt dibodohi orang... Wkwkwk... Film kerajaan, memang slalu berakhir tragis eeehhh... Emang, ini diangkat dari kisah nyata yak???

    BalasHapus
  10. 8Ni gak bersatu。kasihan pangeran wangso sendirian ahirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...sedih banget...barusan rewatch yg kesekian kali

      Hapus
  11. "AGEN TERPERCAYA
    MIX PARLAY
    BERITA BOLA
    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.org :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 200 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Silakan Bossku^^"

    BalasHapus
  12. Pangeran wang so ketika jadi raja menikah dengan saudra se ayah lain ibu adiknya wang wook yg jd ratu...

    BalasHapus
  13. Aku sampe harus nonton behind the scene nya banyak2 utk pelipur lara pengobat duka.....😥..at leat I know that all of them alive healthy and had a great time together on the scenes 🤗
    Dan hasilnya lumayan terhiburlah..makin cinta sama pangeran ke 4..dan masih tetap nunggu session 2 nya 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak nanya dong, sebenernya di ending episode 20 itu Wang So jadinya ngerti ga ya kalo anak cewek itu anak kandungnya? Soalnya agak bingung sama ekpresinya

      Hapus
    2. Agrin Aulia bantu jawab, wang so tahu itu anaknya dari jepit rambut hae soo yg dipake, tp So ambil sikap cool stlh denger dari Wang Jung kalau hae soo ga mau anaknya tinggal di lingkungan istana, mgkn bentuk sikap hati2 spy ga diliat org2 sekitar istana, kan dinding istana punya mata sm telinga. 🙈🙊 kalau ratu tahu mgkn bisa bahaya

      Hapus
  14. Emang drama yang bikin gagal move on , drama favorit ku ke 2 nih 😍 udah nonton puluhan kali ga bosen bosen, tetep aja baper , banyak pangeran tampan , apalagi IU pas di moon lovers cantik banget 😍 semoga beneran ada season 2 nya :))

    BalasHapus
  15. Aku gak mau nonton ulang drama ini terlalu sesak bagi aku 😖

    BalasHapus
  16. Ada yg mau ngasih tau ga. Knapa akhirnya pangeran 4 ga bersatu dgn hee soo. Knapa ga ama ke 8 jg yaaa. Wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak lupa sihh, tapi seinget ku, kenapa ga sama pangeran ke 4, pangeran ke 4 itu wang so kan?. karena hae soo itu udah meninggal duluan setelah melahirkan anaknya wangso, terus kenapa ga sama pangeran ke 8 juga ya karena haesoo akhirnya jatuh cinta sama wangso, intinya setelah merubah wangso menjadi raja yang bijaksana tugas haesoo selesai dan dia balik ke massa depannya. intinya sesuai juga sama yg di bilang jimong, "jangan merubah sejarah yang sudah ada" dan pada akhirnya cerita sejarahnya wangso tetap jadi raja di masa depan.

      Hapus
  17. sumpah meskipun cuma nyasar dan liat review nya, masih tetep nyesek aja gitu, dan masih sangat patah hati sampe sekarang. butuh banget sii season ke duanya. pas awal penayangan drama nya juga kan sebenernya di luar korea ini beken banget ratingnya juga wah sihh, ga kalah sama drama on going yang penayangannya sama dengan judul yg hampir sama pula, but yaa serius dehh ini lebih bagus dibanding yang sebelah. dan akhirnya orang-orang korea pada nonton ulang dramanya, dan emnag katanya lebih bagus dari drama sebelah tsb. banyak yg nyesel juga baru pada nonton pas dramanya udah tamat 2 tahun kemudian wkwk. sumpahhhhh butuh season 2 wehhh masih sakit banget iniii :). anyway sekarang iu juga udah mulai dicap bagus kok aktingnya, ngikutin dramanya iu dari dream high, terus scarlet heart, itu beda jauh banget, jadi jauh lebih baik, sedangkan dramanya iu kan ada juga tuh dari dream high trs apalagi gituu lupa. terus lanjut kedramanya my ahjusshi (Karakter nya ga main-main, iu diem aja nyesek banget, berasa feel nya, recomend dehh buat ditonton), sequel netflix(pendek tapi fix aktingnya bagus), iu hotel del luna(good)

    BalasHapus
  18. Nontonnya sekali, meweknya berkali kali 😂 dah ngga mau ngulang lagi. Takut bengkak ni mata

    BalasHapus
  19. Aku nonton film ini mulai dari film ini masih on going. Dari film ini aku mulai suka film yang sad ending :) dan mulai suka IU, joongi, jong hyun. Tapi makin jatuh cinta sama haneul dan joohyuk jugaaaaa

    BalasHapus
  20. Baru semalam namatin serial ini dan hasil nya ampe sekarang masih nyesekk bgt.. agak gemes sama karakter hae so yang terlalu percaya sama semua orang padahal udah di wanti wanti untuk jangan begitu. Episode terakhir aku nangis bgt karena wang so dan hae so tetep ga bisa ketemu menjelang hae so meninggal. Aku berharap bgt wang so tau kalau anak perempuan itu anak kandung dia jadi bisa sebagai pelipur lara dia kehilangan hae so. Disini aku paling benci sama karakter wang wook, yong hwa dan wang jung. Dari awal aku udah menilai kalo wang wook ini tipe pangeran yang manis di mulut doang. Karena ketika dia masih punya istri dia udh flirting sama hae so, tapi at the end ketika hae so di fitnah dia ga berani juga bela hae so. Duh beda bgt sama wang so yang dari awal memang udah tulus ama hae so walaupun keliatan bengis. Kalau ratu yong hwa aku benci ko bisa ya dia mau punya anak hanya utk jd putra mahkota. Dan awal nya dia bilang menikah sama wang so hanya ingin jadi ratu tapi lama lama serakah juga ingin usir hae so dr istana. Nah wang jung nih yang mnrt aku ikut andil dalam kesedihan hae so dan wang so . Di akhir hayat hae so udah kasih tau kalo dia ingin bgt ketemu sama wang so tapi mnrt aku si wang jung kurang bantuin dia. Wang jung tau kalo wang so diem2 suka mata-matain mereka eh tp wang jung malah sengaja bikin wang so cemburu. Dan surat-surat hae so pun untuk apa dia dobelin sama nama dia di depan amplop nya. Maaf yaa kepanjangan karena newbie nonton drama ini jadi masih berapi-api sama karakter yang aku ga suka.. hehehehe Kalau karakter yang paling aku cinta bgt sekaligus nyesek udah pasti wang so dan wang baek ah. Duh mereka berdua ga kebayang hancur nya karena sama sama ditinggal mati oleh wanita yang mereka cintai. Aku berharap wang so-hae so dan Baek ah-woo he bisa bertemu lagi di masa depan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah nonton 3 drama lee ji eun (IU), drama ini yg membuat aq fans banget dengan nya. Menurut ku acting lee jieun di drama ini yg terbaik. No 2 hotel del luna lalu yg ke 3 my mister. Walaupun di drama my mister karakter lee jieun agak kelam.

      Hapus
  21. Nyesel banget baru nonton tahun ini:( padahal emang bagus banget, pen nonton karna habis nonton film iu di my mister. Karna banyak yang bilang ini sad banget, mikir mikir mulu mau nonton apa kagak, takutnya susah move on. Maksain diri, nonton aja drpda penasaran. Di sini paling nggak suka sama karakter ibu ratunya, dia serakah banget please. Kalau dia nggak nelan anaknya buat jadi raja, pasti nggak bakal begitu. Diakhir hayatpun, pangeran ke 3 ngerasa apa yang dirasa sama pangeran ke 4. Sakit bangetsih:( dia nyesel banget udah bunuh eun, astaga eun ku, nyesek banget kalau inget lagi:( debest deh nih drama setelah reply 1988 ini bagus banget hiks

    BalasHapus
  22. Udh tau lama bgt drama ini, gara" anti sama sad ending akhirnya bru nonton solanya penasaran kok byk yg bilang bagus. Nyesek parah si lihat ini gara" wang so ngga bisa bersatu sama Hae Soo. Jujur awalnya kesel bgt sama sifatnya Hae Soo yg friendly sama para pangeran mana gampang bgt dimanfaatin. Tapi seiring berjalannya cerita mulai suka sama Hae Soo, apalagi pas udah sama wang so baper parah. Emang dari awal udah ngeship sama mereka. Benci bgt sma ratu kok bisa bgt si dia kek gtu sama anaknya sendiri, apalagi saudara perempuannya pangeran duhh rasanya pengen ku tampol abiss.. habis nonton ini setiap dengerin lagu "can you hear my heart" rasanya pengen nangis, nyesek keinget keromantisan mereka yg harus berakhir, pas Hae Soo ngga bisa ketemu wang so di detik" akhirnya, apalagi pas wang so di tinggal sendiri ketika semua lebih memilih keluar istana :((. Drama ternyesek dan terplot twist. Keknya ngga bakal rewatch lagi deh, nyesek bgt soalnya :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))