Langsung ke konten utama

[Serba-serbi] Drama Bertema Pengacara/Jaksa


 Dulu aku nggak begitu tertarik dengan dunia hukum. Tapi begitu pernah mengalami yang namanya menjadi saksi sebuah kasus, aku jadi tertarik menikmati semua kasus di drama-drama ini. Dan menyimak bagaimana jaksa dan pengacara dalam drama-drama ini menampilkan fakta atau memutarbalikkan fakta.

Dalam bidang hukum, yang menang bukan perkara benar atau salah, tapi mana yang paling kuat berargumen. Karena terkadang kebenaran seringkali dibelokkan. Dan itu rasanya perih banget saat posisi benar tapi diputarbalikkan. Terkadang hidup ambigu antara mana korban dan mana terdakwa.

Berikut drama-drama yang menampilkan tokoh yang berprofesi sebagai pengacara maupun jaksa. Apakah ada yang sudah menontonnya juga atau punya referensi yang lain?


Adalah No Ji Wook yang diperankan oleh Ji Chang Wook ini sebagai jaksa penuntut. Ini seperti cita-citanya sejak kecil, ingin seperti ayahnya. Sayangnya dia gagal sebagai jaksa di mata klien, hingga puncaknya dia gagal menyelesaikan kasus pembunuhan yang dialami salah satu petinggi jaksa, anaknya korban pembunuhan dalam kasus ini.

Sedangkan Eun Bong He diperankan Nam Ji Hyun adalah awalnya seorang anak magang di kantornya No Ji Wook. Ia bercita-cita ingin mengubah hidupnya, tidak ingin susah seperti yang dijalaninya. Sayangnya, nasib berkata lain. Kesialan selalu menimpanya, mulai dari pacar yang selingkuh dengan temannya sendiri hingga dituduh sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan yang tidak dilakukannya.

Lewat drama ini, kita bisa melihat bagaimana pekerjaan yang bersentuhan dengan hukum. Baik dari sisi Eun Bong Hee maupun dari sisi No Ji Wook. Ngeri juga ya jadi jaksa ataupun pengacara, kita nggak bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar. Yang dibela adalah adalah yang membayar. Dan ini terkadang bikin hati No Ji Wook berontak, di satu sisi ia ingin menjadi jaksa yang terkenal, tapi di satu sisi idealismenya lebih mendominasi.


Jung Jae Chan yang diperankan oleh Lee Jong Suk  diterima sebagai jaksa sesuai impiannya sejak kecil. Siapa sangka dia bertemu 'musuh bebuyutannya' saat kecil, yaitu Lee Yeo Beom yang kini sebagai pengacara terkenal. Jaksa vs pengacara, yang artinya mereka bakal sering bertemu di ruang persidangan. Mempertaruhkan mana yang benar atau kebalikannya.

Untuk kasus pertama, Jung Jae Chan menangani sebuah KDRT yang dialami orang penting di kotanya. Ah, nggak hanya di Indonesia, ternyata di Korea pun juga banyak yang mengalami ini. Dan seringkali perempuan di posisi yang lemah. Seperti ibunya pianis ini, mengalami dilema yang cukup berat. Selama ini dia sering dianiaya suaminya, tapi dia diam saja karena jika dia melaporkan perbuatan suaminya ini, karir anaknya akan terancam. Apalagi ibunya ini tidak bekerja yang artinya dari seri faktor ekonomi merasa tersudutkan. Nah, ini pembelajaran buat perempuan jangan bergantung 100% dengan laki-laki meskipun itu pasangan kita. Kita tidak pernah tahu akan nasib mendatang, bisa jadi pasangan kita akan meninggal duluan atau memanfaatkan kita dengan situasi kita bergantung pada mereka.


Ma Yi Deum adalah seorang jaksa yang telah bekerja di kejaksaan selama tujuh tahun. Ya, bagi seseorang, tujuh tahun adalah awal mula pergerakan atau perubahan dalam bekerja. Mulai dari pergeseran rasa idealisme; mau mengikuti arus agar selamat atau tetap mempertahankan idealisme tersebut. Seperti yang dialami Ma Yi Deum yang diperankan Jung Ryeo Won ini.

Dia ini tipikal ambisius, tegas, hampir nggak ada empati pada orang lain termasuk para korban kasus. Baginya, memenangkan sebuah kasus adalah segalanya.

Seperti halnya dalam kehidupan nyata, orang-orang yang idealis seperti Ma Yi Deum ini akan dilempar alias dimutasi agar tidak berulah. Jika dulu biasanya menangangi kasus para koruptor kelas kakap, kini ditempatkan bagian dimana menangani seputaran kasus kekerasan seksual yang biasanya korban didominasi perempuan dan anak-anak.

Sedangkan tokoh utama cowoknya adalah Ye Jin Wook yang diperankan oleh Yoon Hyun Min. Suka banget karakter Ye Jin Wook ini. Jika Ma Yi Deum tipikal grasak-grusuk dalam menyimpulkan sesuatu, Ye Jin Wook mengimbanginya dengan pembawaannya yang tenang tapi teliti banget. Meski umurnya lebih tua dari Ma Yi Deum, dia menjadi juniornya Ma Yi Deum di Kejaksaan. Sebelum memutuskan menjadi jaksa, dia pernah bekerja sebagai psikiater.


Di episode pertama, Ji Sung yang berperan sebagai papa muda ini tampilannya cocok banget pas berakting ama anak kecil, chemistrynya dapet banget, udah kayak sama anaknya sendiri.

Sebagai jaksa yang idealis, dia juga sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab. Sangat menyayangi keluarga kecilnya.

Sebagai jaksa senior, sudah banyak kasus yang ditanganinya. Dan yang paling berat kali ini adalah menguak kasus pembunuhan yang dilakukan oleh salah satu pewaris perusahaan yang besar di Korea. Dia tak puas jika kasus ini ditutup begitu saja.

Siapa sangka, suatu hari di saat terbangun nasibnya berubah dari jaksa menjadi terdakwa. Tak tanggung-tanggung, kasusnya yang menimpanya adalah dia dituduh membunuh istrinya karena alasan cemburu melihat istrinya selingkuh dan menyembunyikan anaknya.

Tidak mudah bagi Park Jung Woo karakter yang diperankan Ji Sung ini untuk menerima kenyataanya hidupnya yang berubah drastis. Dulunya suka memvonis terdakwa, kini diposisi terdakwa dengan hukuman berat.


Adalah Go Yeon Wo yang diperankan oleh Park Hyung Sik, seorang drop out SMA, yatim piatu sejak kecil dan hanya tinggal bersama neneknya yang bertahun-tahun sakit di Rumah Sakit. Hidupnya memang penuh dengan cobaan. Meski begitu, dia memiliki kecerdasan di atas rata-rata, bisa mengingat semua yang dia lihat atau dibaca. Ruar biasa kan?!? ;)

Sedangkan Choi Kang Seok diperankan oleh Jang Dong Gun merupakan pengacara senior ternama dengan jam terbang tinggi. Pengacara andalan Kang & Ham Law Firm. Seperti tipikal pengacara ternama, Choi Kang Seok terkenal cukup arogan menghadapi lawan-lawannya yang biasanya mental menghadapinya.

Hingga tanpa tak sengaja, Go Yeon Wo diterima sebagai pengacara (gadungan karena tidak mempunyai lisensi sebagai pengacara). Resiko ini sudah Choi Kang Seok saat awal menerima Go Yeon Wo yang suatu hari bakal menjadi boomerang empuk sebagai kelemahannya kelak.

Sebagai orang yang dulunya hidup serba susah, tentu dia paham dengan kehidupan orang dan lebih empati. Sayangnya empati itu bukan tertuju pada klien, tapi biasanya pada korban/terdakwa. Salah satunya saat menghadapi kasus penjiplakan novel yang dituduhkan pada kliennya ini


Eun Sol yang diperankan oleh Jung Yoo Mi, jaksa muda dengan tampang cantik membuatnya dipandang sebelah mata oleh para rekan kerjanya yang senior. Lumayan buruk pula sambutan yang diberikan para seniornya, yang menyuruhnya minum perasan kaos kaki yang bercampur bir. Ternyata perploncoan di dunia kerja tidak hanya terjadi di dunia kerja di Indonesia, tapi juga di Korea. Sungguh kejam x)) Untung Eun Sol ini cerdas menyikapinya. Good job!!

Baru di kasus pertama yang ditanganinya, Eun Sol bertindak gegabah; mengenakan sepatu high heels dan tidak menggunakan sarung tangan saat di TKP. Hal ini membuat Baek Beom si ahli forensik yang sedang meneliti mayat korban jadi naik pitam karena Eun Sol dianggap merusak 'bukti' yang ada pada mayat korban.

Meski gagal di kasus pertama, Eun Sol tidak mau gagal di kasus kedua. Kali ini menyangkut perebutan warisan: antara istri dan kakak-kakak sang korban. Sang istri memperjuangkan hak anak yang masih di kandungan, sementara para kakak tidak rela jika warisan mereka dibagi dengan orang luar.


Dari awal, drama ini udah penuh lika-liku banget. Bahkan para pemeran utamanya tak jarang mengeluarkan air mata, sampai berderai-derai. Sebuah kisah yang rumit. Di sini sebenarnya nggak ada yang jahat. Karena sesungguhnya masing-masing manusia nggak ada yang sempurna. Yang kaya, nggak bahagia. Yang cantik, kesepian. Ada yang harus mengorbankan harga diri. Ada juga yang harus mengorbankan cita-cita.

Kang Yoo Jung yang diperankan Hwang Jung Eum, harus bekerja paruh waktu. Salah satunya adalah menjadi sopir pengganti. Selama tujuh tahun, dia tidak bisa menabung. Uangnya terkuras untuk mendukung cita-cita pacarnya yang kelak diharapkan menjadi jaksa yang sukses. Sahabatnya, Yang Hae Ri meragukan cinta pacarnya itu karena menurutnya selama ini hanya dari sisi Kang Yoo Jung yang terlalu banyak berkorban.

Dari awal sebenarnya aku kezel banget ama Kang Yoo Jung, kok ya jadi perempuan naif banget. Rela mengorbankan segalanya. Ya, dia rela menjadi tersangka kecelakaan yang menewaskan seseorang hanya demi mempertahankan cita-cita pacarnya sebagai jaksa.

Komentar

  1. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))