Langsung ke konten utama

#30HariKotakuBercerita Kendurian yang Dirindukan



Waktu event #30HariKotakuBercerita, pas tema tradisi keluarga, saya bingung mau menuliskan tentang apa. Kalau Lampung secara khusus malah banyak yang bisa dibahas. Misalnya sebambangan istilah kawin lari. Tapi, Metro dengan penduduk 70% justru bersuku Jawa malah tidak ada tradisi ini.
Nah, pas semalam mendapat dua besek kendurian dari tetangga yang berbeda; satu kendurian nikahan dan satunya adalah kendurian tujuh bulanan, langsung terbesit untuk membahas tentang kendurian ini.

Setahu saya, ada banyak sekali jenis kendurian. Tradisi ini biasanya dilakukan sebagai bentuk syukuran dalam acara tertentu. Kendurian biasanya dimulai dengan pembacaan doa dan sedikit sepatah dua patah dari pihak tuan rumah, ada juga dengan pembacaan ayat-ayat Alquran ataupun khusu membaca surat Yasin. Jika tuan rumah beragama Katolik/ Kristen, ada acara sembayangan terlebih dahulu. Baru di akhir acara ada pembagian kendurian atau terkadang dikenal dengan sebutan berkat.

Beda acara, tentunya akan berbeda pula isi kenduriannya. Kendurian untuk nikahan, sunatan, atau among-among hampir setipe; ada lauk, buah, dan sayur dalam bentuk urap. Untuk kendurian tujuh bulanan, semuanya serba tujuh; urap harus terdiri dari tujuh jenis sayuran, kemudian camilan dengan tujuh jajanan pasar yang berbeda. Lain halnya dengan kendurian untuk mendoakan orang meninggal yang biasanya untuk mengirim doa selama tujuh hari berturut-turut, malam keempat puluh, malam keseratus, dan malam keseribu. Kendurian untuk mendoakan orang meninggal, biasanya ditiadakan urap. Diganti kering tempe dan kedelai. Atau bisa juga mie kuning.

Kendurian biasanya dimasak oleh para tetangga si tuan rumah untuk meringankan beban tuan rumah. Acara masak memasak dilakukan sedari pagi. Kendurian biasanya akan dilaksanakan sehabis Maghrib atau Isya. Kendurian sebenarnya bukan ajaran dari agama tertentu, tapi sudah menjadi budaya masyarakat dan merupakan tradisi turun menurun.

Dari semua jenis kendurian, yang menjadi pilihan favorit adalah kendurian jika acara tujuh bulanan. Kenapa? Karena banyak jajanan pasar yang disajikan! ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

  Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita. 

REVIEW Extracurricular

  Awalnya gak niat nonton ama drama ini, ternyata banyak yang bilang bagus. Bukan sekedar kisah remaja dengan cerita menye-menye semata. Terlihat dari posternya yang terkesan dark, drama ini mengisahkan sisi kelam para remaja: prostitusi online.

REVIEW Welcome to Waikiki 2

Setelah nonton drama Welcome to Waikiki 1 yang super parah sengkleknya, rasanya kurang afdol jika nggak nonton seri yang kedua x))