Langsung ke konten utama

#30HariKotakuBercerita Kendurian yang Dirindukan



Waktu event #30HariKotakuBercerita, pas tema tradisi keluarga, saya bingung mau menuliskan tentang apa. Kalau Lampung secara khusus malah banyak yang bisa dibahas. Misalnya sebambangan istilah kawin lari. Tapi, Metro dengan penduduk 70% justru bersuku Jawa malah tidak ada tradisi ini.
Nah, pas semalam mendapat dua besek kendurian dari tetangga yang berbeda; satu kendurian nikahan dan satunya adalah kendurian tujuh bulanan, langsung terbesit untuk membahas tentang kendurian ini.

Setahu saya, ada banyak sekali jenis kendurian. Tradisi ini biasanya dilakukan sebagai bentuk syukuran dalam acara tertentu. Kendurian biasanya dimulai dengan pembacaan doa dan sedikit sepatah dua patah dari pihak tuan rumah, ada juga dengan pembacaan ayat-ayat Alquran ataupun khusu membaca surat Yasin. Jika tuan rumah beragama Katolik/ Kristen, ada acara sembayangan terlebih dahulu. Baru di akhir acara ada pembagian kendurian atau terkadang dikenal dengan sebutan berkat.

Beda acara, tentunya akan berbeda pula isi kenduriannya. Kendurian untuk nikahan, sunatan, atau among-among hampir setipe; ada lauk, buah, dan sayur dalam bentuk urap. Untuk kendurian tujuh bulanan, semuanya serba tujuh; urap harus terdiri dari tujuh jenis sayuran, kemudian camilan dengan tujuh jajanan pasar yang berbeda. Lain halnya dengan kendurian untuk mendoakan orang meninggal yang biasanya untuk mengirim doa selama tujuh hari berturut-turut, malam keempat puluh, malam keseratus, dan malam keseribu. Kendurian untuk mendoakan orang meninggal, biasanya ditiadakan urap. Diganti kering tempe dan kedelai. Atau bisa juga mie kuning.

Kendurian biasanya dimasak oleh para tetangga si tuan rumah untuk meringankan beban tuan rumah. Acara masak memasak dilakukan sedari pagi. Kendurian biasanya akan dilaksanakan sehabis Maghrib atau Isya. Kendurian sebenarnya bukan ajaran dari agama tertentu, tapi sudah menjadi budaya masyarakat dan merupakan tradisi turun menurun.

Dari semua jenis kendurian, yang menjadi pilihan favorit adalah kendurian jika acara tujuh bulanan. Kenapa? Karena banyak jajanan pasar yang disajikan! ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita.

REVIEW The Saem: Iceland Hydrating Soothing Gel

Sebenarnya aku udah cocok ama The Faceshop Jeju Aloe 99% yang udah aku pake selama dua bulan kemarin, tapi pas liat The Saem: Iceland Hydrating Soothing Gel kok tertarik, apalagi warna dan bentuk botolnya yang biru unyu. Meski harganya mahal dikit dibandingkan aloe vera, akhirnya nyobain gel jenis ini x)) #LemahKaloLiatSegalaSesuatuYangBiru

REVIEW MAKE OVER

Setelah tahun lalu aku nyoba WARDAH dan hanya cocok beberapa produknya, setelahnya aku nyoba MAKE OVER yang memang masih 'saudaraan' ama Wardah ini, aku ngerasa lebih cocok Make Over. Apa aja? Yuk simak... ;)