Langsung ke konten utama

Mie Allit: Mie Yamin di Kota Metro


Akhirnya nyobain juga mie yamin di @mieallit seberang Kantor Pajak Kendaraan 🍝🍝 

Sebenarnya kalo pulang sekolah pasti lewat situ, sayangnya kalo pas pulang selalu udah pas tutup, karena kalo pulang selalu sore banget πŸ˜‚πŸ˜‚ Oya, pertama kali makan mie yamin tuh pas di Bandung ama Bapake waktu nganter daftar ulang kuliah. Kirain waktu itu mie yamin nama tempatnya. Pas menyusuri Bandung, kami berdua heran kok si Pak Yamin banyak bener cabangnya, apa kayak bakso Sonny gitu ya kalo di Lampung?!? πŸ˜±πŸ˜‚ 

Ternyata mie yamin itu jenisnya: mie ama kuahnya sendiri. Ciri khasnya, bumbunya beda dibandingin mie biasa. Trus, biasanya di kuahnya ada tambahan kayak ini: bakso ama pangsit. Kalo di Bandung biasanya pake sayur kangkung, kalo ini pake sayur sawi. Kalo masih penasaran mie yamin, cek deh pas nonton Dilan 1990 ada adegan dimana Dilan ama Milea makan bakso Akung. Nahh.. Mirip tuh πŸ˜±πŸ˜‚

Sebenarnya di sini selain ada mie yamin, juga ada mie ayam. Tapi, karena udah terlalu sering makan mie ayam dan memang nyidam banget mie yamin, ya jelaslah menu yang dipilih adalah mie yamin; aku pake pake pangsit (harganya 16.000) dan adikku yang pake bakso (harganya 17.000)

Oya, buat yang belum tahu bedanya mie ayam dengan mie yamin adalah mie yamin lebih warnanya lebih coklat karena biasanya langsung dicampur ama kecap manis. Mie yamin cenderung kecil dan pipih dibandingkan mie ayam yang ukurannya lebih gede dan kenyal. Mie ayam biasanya berciri khas kaldu, minyak bawang ama kuah semur ayam, dan kini banyak juga mie ayam yang dikasih potongan ayam ataupun ceker/bakso, tergantung selera. Sedangkan mie yamin, mienya kering, kuahnya terpisah dari mienya, dikasih tambahan pangsit atau bakso. Ciri khasnya udah aku sebutkan tadi, ada rasa manis khas kecap, kaldu ayam ama merica yang lumayan kerasa.

Berikut penampakan mie yamin pangsit di Mie Allit:

Ini penampakan pangsitnya lebih jelas, isinya seporsi dapet 3 pangsit:
 

Nih...isi pangsitnya:

Nah, kalo ini mie yamin bakso. Sama kayak yang pangsit, per porsinya dapet tiga bakso:

Nah, ini penampakan mienya lebih dekat:

Yakin nggak ngiler?!? Buktinya Mbak Naqqiyah Syam, Ketua Tapis Blogger langsung tertarik nyobain ini sekeluarga pas mampir ke Metro sebelum mudik ke Lampung Timur gegara postinganku di facebook :D

Tulisan Mbak Naqqiyah Syam: 

Komentar

  1. Qiqiqi, bulan puasa lihat beginian, jadi lapaaaar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe..langsung cuss nyobain pas buka puasa... :D

      Hapus
  2. Aku pengeeeeen. Ya ampuuun menggoda sekali mie nyaa :p. Tp aku tuh susah nyari bakmi ato mie ayam maupun yamin yg pake jamur mba. Itu cm bbrp penjual doang. Padahal mie ayam atopun anrka mie bakal jauuuh lbh nikmat kalo ditambah jamur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga suka banget jamur :D

      Hapus
  3. Aku pengeeeeen. Ya ampuuun menggoda sekali mie nyaa :p. Tp aku tuh susah nyari bakmi ato mie ayam maupun yamin yg pake jamur mba. Itu cm bbrp penjual doang. Padahal mie ayam atopun anrka mie bakal jauuuh lbh nikmat kalo ditambah jamur :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Sebenarnya gak antusias waktu tahu serial ini tayang. Pertama, setting cerita yang ala-ala kerajaan gitu biasanya bertele-tele. Kedua, pemain perempuannya banyak yang bilang nggak suka. Tapi semakin ke sini, makin banyak yang bilang suka drama ini dari segi cerita.

REVIEW The Saem: Iceland Hydrating Soothing Gel

Sebenarnya aku udah cocok ama The Faceshop Jeju Aloe 99% yang udah aku pake selama dua bulan kemarin, tapi pas liat The Saem: Iceland Hydrating Soothing Gel kok tertarik, apalagi warna dan bentuk botolnya yang biru unyu. Meski harganya mahal dikit dibandingkan aloe vera, akhirnya nyobain gel jenis ini x)) #LemahKaloLiatSegalaSesuatuYangBiru

REVIEW MAKE OVER

Setelah tahun lalu aku nyoba WARDAH dan hanya cocok beberapa produknya, setelahnya aku nyoba MAKE OVER yang memang masih 'saudaraan' ama Wardah ini, aku ngerasa lebih cocok Make Over. Apa aja? Yuk simak... ;)